Radio

Selamat Datang di Rafly Gusman Island...

BERBAGI CERITA..TENTANG DUNIA KITA..

Rabu, 11 Februari 2009

TRAINING PENYIAR...

Senin 13 Oktober 2008

Mata masih sepet..hasil begdang semaleman. ukhh.. Aku harus tetep bangun pagi..mandi dan lupa sarapan pagi… Beeeeukh..sebetulnya mualess bangetz..! ngantukhhh…!! tapi..yah..ini tugas men !!

Hari ini Aku memulai “hard training” untuk 8 calon penyiar Prima Radio. seperti tahun-tahun lalu…cara-cara berbagi ilmu dasar siaran kembali Aku siapkan…dan..sudah Aku konsep semaleman, sisanya di luar kepala…he he..sudah 9 tahun kan di radio ?!!!! (nyombong dikit ah..)

Dan ini hasil evaluasiku di hari pertama. .. kita mulai dari…

GITA :

Cewek ini semangetnya tinggi banget..(gak tau nafsunya)..Aku kasih dua jempol dech buat loyalitasnya…!! waktu training pertama dia sudah nunjukin semangat empat lima…menggebu abiesss..!! Aku salut !!

Penilaian Training Hari Pertama

Untuk sapaan ke pendengar Prima Radio dia sering pake kata “Sobat Prima Semua”…serrriiiing bangetz…padahal bagusnya jangan pake kata “Semua”..cukup Sobat Prima ajah… kalo pake semua sifatnya gak personal lagi..jadi kayak orang ngomong di atas panggung saat kampanye… “apa kabar anda semuaaaaa..!!!”. padahal..siarankan lebih personal..hubungan komunikasi Penyiar dan Pendengar itu sifatnya individu…antar pribadi.. kayak ngomong ke satu orang ajah gitu dit.. !!

Pas di Opening..bagusnya mencakup nama acara dan tema di sebutin…dan vokus…misalnya,..tema kita adalah “Pengalaman di Sangsi di Sekolah”..gak perlu dibahas dulu emang..! tujuannya biar pendengar “ngeh”…

Ngangkat lagu masih belum pas.. asah lagi kepekaan mengetahui intro hingga vocal penyanyi masuknya kapan…nah..kita bisa tau tuh..kapan mulai dan berhenti ngomong…

Eh,,pas ngangkat lagu nyebutin Judul dan Penyanyinya lebih tegas atuh…!!

Baca beritanya masih kaku..!!tapi komentarnya lumayan…

Speed..Oke..!! tapi sekali-skali agak lentur yach..

Udah..gitu aja. yang evaluasi untuk Gita yang laennya nyusul…

Sekarang Evaluasi untuk HENI

Cewek ini selain seksi emang gokil abiez..kadang-kadang jail juga. Semangatnya gak kalah gede ma Gita.. meskipun rumahnya deket dengan studio..beeeeukh..dia mah paling rajin datang ke studio ini..(eh..emang kudunya begitu kaleee yah ..!) bayangin..pas lebaran aja dia mah paling mau siaran ber hari-hari…kalo kita-kita kan mudik ya..!!

Penilaian Training Hari Pertama

Motong lagu sebaiknya lihat ketukan dan vocal si Penyanyi bu’..! jangan terlalu nengah juga…tunggu pas lagunya mau abis..tapi jangan sampe abis banget !! pokoknya pas volumenya mulai mengecil dech….

Sebaiknya gunakan panggilan “sobat Prima” untuk panggilan umum..atau sapaan general..dari pada pake kata “elo”… nanti pas udah personal banget ke orang tertentu..baik SMS atau Phone In..baru tuh..boleh pake “Elo-Elo”…tapi pertimbangkan juga untuk manggil “nama”..

Cara mau mulai bicara ato Call..atao Talk…jangan ngecilin volume lagu dulu..baiknya ngomong aja dan ngecilinnya bareng…

Eh,,pas ngangkat lagu nyebutin Judul dan Penyanyinya lebih tegas atuh…!!

Baca berita gak pas kalo dengan gayak begitu…kayak radio AM ato radio dankdut dweh..he he..mendingan dengan gaya bicara biasa…trus ngebahasnya ala kadarnya ajah…itupun kalo perlu…

Nah…sama kayak opening..Closing juga gak perlu panjang lebar..! gak bae nyimpulin masalah atau materi siaran di akhir acara….biarin, pendengar yang nyimpulin sendiri.

Dah..itu ajah………untuk Heni.

Truzzz… TIKI nih..

Jujur yah… awalnya Aku kurang yakin ma anak ini… keliatannya gak minat gituh..ato gak ada inisiatif..dari wajahnya..gak keliatan “sumringah”..kalo sayur..mmmhh..kayak kurang pedes..!! dari matanya..kayak gak ada cahaya api ke radioan…redup ajah.. itu awalnya bo’… sekarang Aku punya penilaian sendiri. minimal pas hard training ini…minimal dimatanya mulai keliat ada lilin…nyala..

Penilaian Training Hari Pertama

Kata-kata “Mungkin”..terlalu sering banget diucapkan…hati-hati..ini nunjukin ketidak yakinan terhadap sesuatu…!!!

Tema acara gak jelas dari awal…jadi kalo Aku pendengar radio pasti bingung..gue mo ngapain ???!!

Gak baik bro’..ngajarin pendengar dengan kata-kata..”sebaiknya sobat Prima lakukan..ini..itu…” atau kata-kata “Coba sobat Prima lakukan..ini..itu..”..

Saat baca SMS..kurangin kata “Katanya” …Aku hitung buanyaaaak bangetz…(lagian Aku rajin amat ngitung..yah..)

Nyebutiun Call St. saat ngakhirin bicara yang tegas donk…jgn kayak bergumam… ingat..itu bendera kita lho..!!!

Lebih konsentrasi pada acara dan tema yah..saat siaran…!!!

Toloooong…nyebutin Call St. Prima lebih tegggaaasssss…!!! jangan loyo…

Duch..ngangkat lagunya masih kurang baguss…

Bca berita..beeeeukh…masih kacau amat ya,…blepotan..(lumpur kaleee)..ini kudu belajar dan latihan ekstra neh….!!

Ketawa boleh…tapi jangan sering ketawa sendiri..!!! apa lagi kalo gak ada yang lucu…hati-hati..orang bisa nyangka yang enggak-enggak..!!

itu evaluasi untuk Tiki….

lanjuut… KIKI neh..

Cowok ini awalnya terlihat kalem….tapi lama-lama rame juga…apa lagi kalo udah ngeledek Gita..beeeeukh..!!!. minat radio-nya sih gede banget…semangatnya juga gede..loyalnya juga gede…jempol kakinya juga gede..kata orang..kalo cowok jempol kakinya gede..passsti…”itu” nya..gede..! hua ha ha ha… pokoknya tinggal rajin-rajin latihan tinju aja ki..(kok..??)..maksudnya latihan bicara…

Penilaian Training Hari Pertama

Nah..lho… masih aja rajin neybutin kata “Pastinya”

Aku perhatikan si Kiki juga serrrring banget nyebutin kata “Di sini” dan “Yaitu”… knapa ya ???

Beeeukh…simulasi siaran kmaren..tandem banget…gak ada senyumnya..simling donk..!!

trus Aku dengerin juga di rekaman yang ada…kok monoton ya…gak “sumringah” gituh..!! wah..kalo begini emang cocok siaran di jam malam…tapi lama-lama bisa bikin cepet bosen kik….

Lagi-lagi…ngangkat lagunya gak tegas….!! nyebutin Penyanyi dan Judul lagu kayak sadar…gak sadar… tegass..tegass..yah..tah..!!

Suara diafragma..latihan duluu… jangan dipaksain ki… nanti juga ketemu sendiri..okeh !!!

Udah…itu aja duluu !!!

Berikutnya….ZOUDIA

Cewek ini wuaneh banget… diamah siara sambil nari..!! sebetulnya bagus-bagus aja..biar improv gituh… tapi kalo meja siaran dan kursi ikut goyang??…kan brabe !! lama-lama tower radio juga ikut goyang…. tapi..se centil-centil nya ni cewe’…. dihari pertama training…dia mo pinsan… mukanya pucaaaat banget…beeeeukh..udah minyak angin, minyak kayu putih, minyak tawon, minyak goreng..dan kaos kaki Icha…masuk semua ke hidungnya… cemen ya si Zou-zou..!!!???? ‘”gacaprak bae dia !!”

Penilaian Training Hari Pertama

Opening lebis spesifik donk… elemen-elemen yang kudu ada pas opening dibuat teratur cara penyampaiannya…..oceh !

Tema acara juga..yang mo dibahas..harus spesifik..jangan umum banget…supayah lebih menantang…. jangan “biasanya pagi-pagi kamu ngapain sich”… tapi bisa “apa yang biasanya bikin kamu semangat di pagi hari..”.. gituh..ini cuma conto Zooooou..!!!!

Siarannya masih banyak basa-basinya..ke sana..ke mari…lebih baik nyampein info musik…

Knapa sich…sering meralat kata-kata sendiri..??? kanapa?..knapa?,,

Heiii…jangan ngebuka “aib” sendiri yah… masa gak tau singkatan “RASKIN” di umumin..?? kalo lagi becanda berdua masih okeh…

kualitas vocal… kadang-kadang saat memulai biacara..pake suara mulut..”oral”..doang…. jadi terdengar ‘cempreng’… padahal saat ngobrol biasa kamu suaranya bagus….knapa? knapa?

Udah dulu ya Zou..

Sekarang NANDA ney..

Cewek ini…nge-gemesin ! maksudku kalo lagi ngomong…dia agak cadel untuk hurp “r”..atau apalah..tapi ku pikir itu kelebihannya… Eh..hari pertama dia datang paling awaaaal banget…selamat yah..!! saat latihan dan siaran..yaa..keliatan serius pengen bisanya..Aku dukung dech…

Penilaian Training Hari Pertama

Lebih konsentrasi yah saat siaran..terutama pas mo muter lagu…ingat lagu pertama..itu menentukan siaran kita lho..

tentukan tema saat opening..kita mo ngomongin apa..lebih spesifik gituh..

Jangan nyebutin “Sobat Prima semua“… cukup “Sobat Prima” ajah..supaya lebih personal..

Sama kayak yang laen..muter lagu ngangkatnya kurang pas..intronya di perhatikan..perhatikan kalo mo motong lagu untuk bicara..cari ketukan yang paling pass..lebih asyik kalo mixingnya udah bagus.

Nah…ini tentang “Intonasi”…lebih lentur..lebih asyik..gak luruuuus ajah..

Smiling….smiling…biar terdengar lebih manis..ya gak ?!!

Heiii…ada kata-kata “Jangan kemana-mana”..kok ??..bagusnya apa coba..??!!!

Nanti pas latihan senam wajah…jilat bibirnya lebih seriuss.. aku gak liatin kok…he he he..

udah….cuma itu aja.. laennya mulai oke !

Next… ICHA

Cewek ini lebih gooookil lagi..!!! dari pertama dia ngajuin lamaran…Aku dah liat ni anak “ekspresif” banget..selama latihan di lantai atas.. cewek ini paliiing hampir sempurna gerakannya… saat buka mulut…jilat bibir…jilat idung…jilat ketek…(he he he..emang apa ?)..saat teriak juga paling keraaaas..sampe-sampe suaranya mulai serak di hari pertama… eh..emang kalo mau jadi suaranya tanda-tandanya betu neng…!!! jangan kaget… O,iya.. pas mo mulai latihan..ribut-ribut keliatan gambar lope-lope..apaan sich..???!!!

Penilaian Training Hari Pertama

Nyebutin nama acara, materinya apah…harus lebih jelas dan ringkas lagi saat opening…

Speed..Oke !! tapi ada baiknya sekali-sekali agak lenturan yah…

Ketawamu yang bagus jangan diumpetin…!! jangan cuma kedenger..khk..khk..kh.. tapi Hua..hua hah ha ha ha… gituh… cuma tetep sadar saat ketawa yah.. jangan keterusan..!! he he he…

Pas ngangkat lagu yang enak yah…. coba atur lagi…

Hiiiiii…ada kata-kata “Jangan kemana-mana..”… itu bukan gaya radio kita geulis…!!!

Tetep se-serius kemaren yah….! Aku suka.

yang ter-akhirrrr…. KIRANA

Cewek ini cita-citanya jadi artis Holywood…. wuiiikh..tangannya bertato bunga rampai bo’..he he he… yang jelas..anak ini semangatnya kayak motor yamaha..”kuenceeeeng..!!!” rasa ingin serba tau-nya…gueddddhe banget… bagus..bagus..emang kudu gitu calon orang radio mah… semangatnya untuk siaran..sama besar dengan semangatnya untuk “ngemil..”. he he he…

Penilaian Training Hari Pertama

Saat opening siaran…lebih taktis lagi yah…yang penting-penting saat opining apa saja.. itu kudu terpenuhi..tertata cara nyusun kata-katanya…

Motong lagu saat mau bicara…cari ketukan yang enak..yang tepat…daaaaan..jangan ngecilin volume lagu dulu baru ngomong…. bareng ajah… terus..fider mixer untuk vocal jangan lambat naiknya… suaranya ntar gak stabil….kalo bisa di tentuin saja ukuran naiknya..tinggal main di tombol “mute” ajah…

Mixing…mixing…mixing… cara mulai ngonmong dan pas mo muter lagu..kurang enak…pokoknya harus kudu latihan lagi…

Baca berita masih kaku…..biasa aja…kayak ngomong biasa…begaya dong !

Yang laennya udah banyak kemajuan….. tinggal lebih serius latihannya..terutama dalam seminggu ini…. jangan mikirin Ibu Andien dulu ah…

Oke..oke..oke..

NAH.. SEMUA UDAH DIKOMENTARIN… TINGGAL LATIHAN BERIKUTNYA OKEH….BEEEEUKH…AKU BEGADANG LAGI NIH…. BESOK YANG DATANG DULUAN BANGUNIN AKU YAH…. BYE BYE…MUAAACH !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar